Menambahkan Menu Dalam Hiren Boot 14 atau versi ke atas 0

Sisiput | 23.16 |

Siapa sih yang tidak kenal hiren boot? Sebuah software Booting yang sangat berguna bagi teknisi untuk merawat dan memperbaiki sebuah system yang rusak, baik xp maupun linux. Mungkin banyak  juga yang bingung dalam menggunakan tool ini karena saking banyaknya fitur yang diberikan, baik dari checking tools (Untuk mengecek kinerja hardware seperti RAM, dan VGA) anti virus, backup tools, memperbaiki bad sector, mini windows XP, Kon-boot dan terlalu banyak untuk dijelaskan. Memang pembuat software ini pernah dikecam karena tidak memiliki lisensi untuk mempublikasikan beberapa software yang ada di dalam fitur-fiturnya seperti mini windows xp, karena seperti yang kita ketahui bahwa microsoft windows adalah SO yang Close source sehingga kita harus membelinya. Namun, banyak yang tidak mempedulikannya karena tools ini sangat berguna sekali.

Didalam Hiren Boot disediakan file yang bernama menu- custom.lst yang memungkinkan kita untuk mengedit, menambah atau mengurangi fitur didalamnya, bahkan jika kita mau, bahasa dalam menu dan perintah-perintah yang ada bisa kita ganti dengan bahasa yang kita sukai.

Dalam menambah menu kita akan menggunakan file acuan bernama menu-custom.lst dan akan menerapkannya di menu.lst. disini saya akan memberikan ilustrasi menambahkan menu untuk menginstall Linux Mint 12. Dan untuk sedikit informasi, saya menerapkan hal ini lewat flashdisk atau booting lewat usb hdd, saya sangat merekomendasikan untuk memasang Hirenboot di Flashdisk bagi yang tidak mempunyai cd-rom atau yang malas membeli cd r, untuk informasi yang lebih jelas tentang bagaimana cara untuk membbuatnya booting lewat flashdisk silakan kunjungi alamat website resminya di www.hiren.info/pages/bootcd-on-usb-disk . jangan coba-coba memakai unetbootin ataupun ultra iso untuk membuatnya booting lewat flashdisk karena saya telah mencobanya dan gagal. Struktur hirenboot merupakan gabungan dari windows dan linux, jadi rumit untuk memahaminya.

Langsung saja untuk membuat menu baru hal-hal yang harus dipersiapkan adalah
1.      Linux mint 12 dalam file image (.iso)
2.      Flashdisk yang telah terisi dengan hiren boot (flashdisk disarankan mempunnyai kapasitas 4 gb ke atas).
3.      Notepad atau text editor yang lain.

Langkah kerja
1.      Copy dulu file image linuxmint isonya kedalam folder HBCD, untuk memudahkan beri nama file image dengan nama yang mudah agar mempermudah dalam pengetikan perintah, contohnya “linuxmint12.iso”.
2.      Untuk acuan dalam pembuatan menu ada di menu-custom.lst bagi yang belum paham silahkan dibuka filenya dan di pahami strukturnya.
3.      Buka file bernama menu.lst didalam folder HBCD dan sisipkan perintah berikut
title Pasang Linux Mint 12 (lisa)
find --set-root /HBCD/linuxmint12.iso
map /HBCD/linuxmint12.iso (0xff)
map --hook
root (0xff)
kernel /casper/vmlinuz file=/cdrom/preseed/mint.seed boot=casper persistent iso-scan/filename=/HBCD/linuxmint12.iso splash
initrd /casper/initrd.lz

dibawah perintah
title \n
root
atau dibawah perintah lain sesuka anda asalkan tidak menggangu dan merusak perintah lain.

Font berwarna merah adalah tempat dimana kita memberi judul pada menu hiren boot, sedangkan font yang berwarna oranye adalah dimana direktori file image iso kita ditaruh.
Disini kita tidak perlu mengekstrak file imagenya karen Hirenbootsudah mempunyai program sendiri untuk hal ini.

4.      Lalu save file tersebut dan keluarkan semua program yag berjalan lalu restart komputer dan booting lewat flashdisk untuk melihat hasilnya apakah sudah ada perubahan dalam menu atau belum, jika sudah tekan enter untuk menjalankan perintah yang telah kita masukkan dalam menu tadi. Dan apabila berhasil kita sudah bisa masuk di linux mint seperti kita melakukan live cd di linux.

Cara ini sudah saya coba dan alhamdulilah berhasil. Untuk membuatnya dari cd lebih rumit karena kita harus mengekstrak dulu beberapa file dan memasukkan lagi beberapa file kemudian dijadikan image lagi dan selanjutbya di bakar di cd, menurut saya lebih simple dari flashdisk J. Tutorial ini khusus untuk linuxmint12 saja karena saya sudah mencoba memasukkan windows xp dan ternyata gagal pada saat starting setup. Simple bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Responses So Far:

 
Technology and Education Copyright © 2012 Prozine Theme is Designed by Lasantha and edited by Ujang Karnadi Home | RSS Feed | Comment RSS